Ciri-Ciri Orang Murtad: Apa Saja Yang Perlu Kamu Ketahui?

Cara Nak Kebumikan Org Yang Murtad
Cara Nak Kebumikan Org Yang Murtad

Hello Sobat Pena!

Sebagai umat muslim, kita tentu saja mengenal istilah murtad. Murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam dan memilih untuk mengikuti agama lain atau tidak beragama sama sekali. Bagi sebagian orang, murtad adalah pilihan yang tepat, namun bagi yang lain, murtad adalah suatu kesalahan yang besar. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih jelas tentang ciri-ciri orang murtad, berikut adalah penjelasannya.

1. Mulai Meninggalkan Kewajiban Agama

Ciri-ciri orang murtad yang pertama adalah mulai meninggalkan kewajiban agama. Kewajiban agama seperti shalat, puasa, zakat, dan haji adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Namun, orang yang mulai meninggalkan kewajiban agama adalah pertanda bahwa ia mulai meragukan kebenaran agama Islam.

2. Tidak Lagi Mengikuti Ajaran Islam

Ciri-ciri orang murtad yang kedua adalah tidak lagi mengikuti ajaran Islam. Orang yang sudah tidak lagi mengikuti ajaran Islam bisa jadi sudah mengikuti ajaran agama lain atau bahkan tidak beragama sama sekali. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut sudah tidak lagi percaya pada ajaran Islam dan memilih untuk mencari kepercayaan yang lain.

3. Mengkritik Ajaran Islam

Ciri-ciri orang murtad yang ketiga adalah mulai mengkritik ajaran Islam. Orang yang mulai mengkritik ajaran Islam bisa jadi sudah merasa tidak nyaman dengan ajaran Islam atau bahkan merasa bahwa ajaran Islam tidak benar. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut sudah mulai meragukan kebenaran ajaran Islam.

4. Tidak Lagi Mengenakan Pakaian Islami

Ciri-ciri orang murtad yang keempat adalah tidak lagi mengenakan pakaian Islami. Pakaian Islami seperti jilbab, kerudung, dan baju muslim adalah pakaian yang dianjurkan bagi setiap muslimah. Namun, orang yang sudah tidak lagi mengenakan pakaian Islami bisa jadi sudah tidak lagi merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

5. Mulai Makan Makanan Haram

Ciri-ciri orang murtad yang kelima adalah mulai makan makanan haram. Makanan haram seperti babi, anjing, dan hewan yang tidak disembelih dengan cara yang benar adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh setiap muslim. Namun, orang yang mulai makan makanan haram bisa jadi sudah tidak lagi memperhatikan hal ini.

6. Memilih untuk Menjauhi Masjid

Ciri-ciri orang murtad yang keenam adalah memilih untuk menjauhi masjid. Masjid adalah tempat ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim. Namun, orang yang memilih untuk menjauhi masjid bisa jadi sudah merasa tidak nyaman dengan suasana masjid atau bahkan sudah tidak lagi merasa perlu untuk beribadah di masjid.

7. Tidak Lagi Membaca Al-Quran

Ciri-ciri orang murtad yang ketujuh adalah tidak lagi membaca Al-Quran. Al-Quran adalah kitab suci yang harus dibaca oleh setiap muslim. Namun, orang yang sudah tidak lagi membaca Al-Quran bisa jadi sudah tidak lagi merasa perlu untuk mengenal ajaran Islam atau bahkan sudah tidak percaya pada kebenaran Al-Quran.

8. Mulai Mengikuti Tradisi dan Budaya Lain

Ciri-ciri orang murtad yang kedelapan adalah mulai mengikuti tradisi dan budaya lain. Orang yang mulai mengikuti tradisi dan budaya lain bisa jadi menganggap bahwa agama Islam tidak sesuai dengan budaya atau tradisi yang dianutnya.

9. Tidak Lagi Berdoa

Ciri-ciri orang murtad yang kesembilan adalah tidak lagi berdoa. Berdoa adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim. Namun, orang yang sudah tidak lagi berdoa bisa jadi sudah tidak lagi percaya pada kekuatan doa atau bahkan sudah tidak percaya pada keberadaan Allah SWT.

10. Tidak Lagi Membela Agama Islam

Ciri-ciri orang murtad yang kesepuluh adalah tidak lagi membela agama Islam. Orang yang sudah tidak lagi membela agama Islam bisa jadi sudah tidak lagi merasa bangga dengan ajaran Islam atau bahkan sudah merasa bahwa ajaran Islam tidak pantas untuk dibela.

11. Mulai Menerima Ajaran Agama Lain

Ciri-ciri orang murtad yang kesebelas adalah mulai menerima ajaran agama lain. Orang yang mulai menerima ajaran agama lain bisa jadi sudah merasa bahwa ajaran Islam tidak sesuai dengan kepercayaan yang ia miliki.

12. Tidak Lagi Mengucapkan Kalimat Syahadat

Ciri-ciri orang murtad yang keduabelas adalah tidak lagi mengucapkan kalimat syahadat. Kalimat syahadat adalah kalimat yang harus diucapkan oleh setiap muslim sebagai bukti keimanan pada Allah SWT dan Rasul-Nya. Namun, orang yang sudah tidak lagi mengucapkan kalimat syahadat bisa jadi sudah tidak lagi percaya pada keberadaan Allah SWT dan Rasul-Nya.

13. Mulai Merasa Terasing dari Keluarga dan Teman

Ciri-ciri orang murtad yang ketigabelas adalah mulai merasa terasing dari keluarga dan teman. Keluarga dan teman adalah orang-orang yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Namun, orang yang merasa terasing dari keluarga dan teman bisa jadi sudah merasa bahwa agama Islam tidak lagi sesuai dengan kepercayaan yang ia miliki.

14. Tidak Lagi Memperdulikan Ajaran Islam

Ciri-ciri orang murtad yang keempatbelas adalah tidak lagi memperdulikan ajaran Islam. Orang yang sudah tidak lagi memperdulikan ajaran Islam bisa jadi sudah merasa bahwa ajaran Islam tidak sesuai dengan kepercayaan yang ia miliki atau bahkan sudah merasa bahwa ajaran Islam tidak penting lagi bagi kehidupannya.

15. Mulai Menyangkal Keberadaan Allah SWT

Ciri-ciri orang murtad yang kelimabelas adalah mulai menyangkal keberadaan Allah SWT. Allah SWT adalah pencipta alam semesta dan juga pencipta manusia. Namun, orang yang mulai menyangkal keberadaan Allah SWT bisa jadi sudah tidak lagi percaya pada keberadaan-Nya atau bahkan sudah menganggap bahwa Allah SWT tidak ada.

16. Tidak Lagi Mengikuti Fatwa dari Ulama

Ciri-ciri orang murtad yang keenambelas adalah tidak lagi mengikuti fatwa dari ulama. Ulama adalah orang yang sangat ahli dalam bidang agama Islam dan memiliki otoritas dalam memberikan fatwa. Namun, orang yang sudah tidak lagi mengikuti fatwa dari ulama bisa jadi sudah merasa bahwa fatwa dari ulama tidak lagi sesuai dengan kepercayaan yang ia miliki.

17. Mulai Mengikuti Ajaran Sesat

Ciri-ciri orang murtad yang ketujuhbelas adalah mulai mengikuti ajaran sesat. Ajaran sesat adalah ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan bahkan bisa merusak akidah seseorang. Orang yang mulai mengikuti ajaran sesat bisa jadi sudah merasa bahwa ajaran Islam tidak lagi sesuai dengan kepercayaan yang ia miliki.

18. Tidak Lagi Mengikuti Perintah Allah SWT

Ciri-ciri orang murtad yang kedelapanbelas adalah tidak lagi mengikuti perintah Allah SWT. Allah SWT memberikan perintah-perintah yang harus diikuti oleh setiap muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *