Ciri-Ciri Orang Salafi Wahabi

CIRICIRI KHAS NAN UNIK PENGIKUT MANHAJ SALAF (WAHABI SALAPI) PALMERY
CIRICIRI KHAS NAN UNIK PENGIKUT MANHAJ SALAF (WAHABI SALAPI) PALMERY

Salam Sobat Pena, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri orang yang memeluk aliran Salafi Wahabi. Aliran ini kerap menjadi perdebatan di kalangan umat Islam karena dianggap kontroversial. Namun, sebelum membahas lebih lanjut, kita akan terlebih dahulu memahami apa itu aliran Salafi Wahabi.

Apa itu Aliran Salafi Wahabi?

Aliran Salafi Wahabi merupakan sebuah aliran dalam Islam yang mengikuti pemahaman Salafus Shalih (generasi pertama Islam) dan ajaran Muhammad bin Abdul Wahab. Aliran ini berasal dari Arab Saudi dan menjadi aliran dominan di negara ini. Namun, seiring berjalannya waktu, aliran ini juga tersebar ke seluruh dunia.

Ciri-Ciri Orang Salafi Wahabi

Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang memeluk aliran Salafi Wahabi? Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya: 1. Mengutamakan al-Quran dan hadis sebagai sumber utama pemahaman agama. 2. Tidak mempercayai adanya bid’ah (perbuatan yang tidak ada contohnya dari Rasulullah). 3. Tidak mempercayai adanya makam yang menjadi tempat ziarah. 4. Menolak penggunaan benda-benda yang dianggap syirik, seperti patung dan gambar. 5. Memandang bahwa tawassul (memohon kepada Allah melalui perantara) hanya boleh dilakukan melalui nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya saja. 6. Menolak adanya perantara antara manusia dengan Allah, seperti memohon kepada orang yang sudah meninggal dunia. 7. Menolak adanya keselamatan di luar Islam. 8. Menolak adanya keselamatan di luar ajaran Salafi Wahabi. 9. Menolak adanya kultus terhadap orang-orang suci. 10. Menolak adanya tariqat (aliran sufi). 11. Menolak adanya musik dan tarian yang dianggap haram. 12. Menganggap bahwa jihad adalah wajib bagi setiap muslim. 13. Menganggap bahwa orang yang berbeda pendapat dalam agama adalah kafir atau sesat. 14. Menganggap bahwa umat Islam harus kembali ke ajaran Salafus Shalih. 15. Memandang bahwa agama Islam adalah agama yang sempurna dan tidak perlu diperbarui. 16. Tidak mengenal mazhab (aliran dalam fiqh) dan mengikuti pemahaman Salafus Shalih. 17. Tidak mempercayai adanya pengaruh bintang dan astrologi dalam hidup manusia. 18. Tidak mempercayai adanya qunut nazilah (doa khusus dalam shalat subuh pada saat terjadi musibah). 19. Menganggap bahwa pernikahan dengan non-muslim adalah haram. 20. Menolak adanya perayaan maulid Nabi Muhammad.

Kesimpulan

Demikianlah ciri-ciri orang yang memeluk aliran Salafi Wahabi. Namun, sebagai umat Islam yang satu, kita sebaiknya menghargai perbedaan pendapat dalam agama dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan umat. Yang terpenting adalah kita harus mengikuti ajaran Islam yang benar dan sesuai dengan Al-Quran dan hadis. Terima kasih sudah membaca artikel tentang “ciri-ciri orang salafi wahabi” dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *