Ciri-Ciri Orang Sombong Menurut Alkitab

Ciri Orang Sombong Menurut Islam
Ciri Orang Sombong Menurut Islam

Hello Sobat Pena, kita semua pasti mengenal orang sombong. Mereka yang merasa dirinya lebih baik dari orang lain dan seringkali merendahkan orang lain. Namun, tahukah kamu bahwa Alkitab juga memberikan ciri-ciri orang sombong? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Ciri-Ciri Orang Sombong Menurut Alkitab

1. Tidak Mengakui Kekurangannya
Orang sombong akan sulit mengakui kekurangannya. Mereka merasa dirinya sempurna dan tidak ada kesalahan pada dirinya. Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 1:8, “Jika kita berkata bahwa kita tidak berdosa, kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.”

2. Merendahkan Orang Lain
Orang sombong seringkali merendahkan orang lain dengan kata-kata atau tindakan. Mereka merasa dirinya lebih baik dari orang lain dan tidak menghargai keberadaan orang lain. Alkitab mengatakan dalam Filipi 2:3, “Janganlah berbuat apa pun dengan persaingan atau kesombongan, tetapi anggaplah orang lain lebih baik dari pada dirimu sendiri.”

3. Tidak Mendengarkan Nasihat
Orang sombong cenderung tidak mendengarkan nasihat dari orang lain. Mereka merasa dirinya sudah tahu segalanya dan tidak perlu nasihat dari orang lain. Alkitab mengatakan dalam Amsal 12:15, “Jalan orang bebal tepat dalam pandangannya, tetapi orang yang bijak mendengarkan nasihat.”

4. Menganggap Diri Sendiri Lebih Penting
Orang sombong seringkali menganggap dirinya sendiri lebih penting dari orang lain. Mereka akan mengejar kepentingan pribadi tanpa memikirkan orang lain. Alkitab mengatakan dalam Filipi 2:4, “Janganlah hanya memikirkan kepentinganmu sendiri, tetapi juga memikirkan kepentingan orang lain.”

5. Tidak Menghormati Orang Lain
Orang sombong tidak menghormati orang lain. Mereka merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain dan tidak memperdulikan perasaan orang lain. Alkitab mengatakan dalam Roma 12:10, “Mengasihi sesama percaya dengan kasih sayang, saling menghormati satu sama lain.”

6. Tidak Bersyukur
Orang sombong seringkali tidak bersyukur atas apa yang dimilikinya. Mereka merasa dirinya pantas mendapat lebih banyak dan tidak sadar akan berkat yang sudah diterimanya. Alkitab mengatakan dalam 1 Tesalonika 5:18, “Bersyukurlah dalam segala hal, karena itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

7. Suka Dipuji
Orang sombong seringkali suka dipuji dan mencari perhatian. Mereka merasa dirinya layak mendapat pujian dan penghargaan dari orang lain. Alkitab mengatakan dalam Matius 6:1, “Janganlah melakukan kebajikanmu di depan orang supaya dilihat mereka, sebab jika demikian, kamu tidak akan memperoleh upah dari Bapamu yang di sorga.”

8. Tidak Mengampuni Orang Lain
Orang sombong seringkali sulit untuk mengampuni orang lain. Mereka merasa dirinya lebih baik dan tidak perlu memaafkan orang lain. Alkitab mengatakan dalam Kolose 3:13, “Bersikap sabarlah satu sama lain dan maafkanlah orang yang bersalah terhadap kamu. Seperti Tuhan telah mengampuni kamu, demikian juga kamu harus mengampuni orang lain.”

9. Tidak Menyadari Dosa-dosanya
Orang sombong seringkali tidak menyadari dosa-dosanya. Mereka merasa dirinya baik dan tidak pernah melakukan kesalahan. Alkitab mengatakan dalam Mazmur 19:13, “Janganlah biarkan dosa-dosa yang tidak terlihat menguasai aku. Janganlah membiarkan kejahilan menguasai aku.”

10. Tidak Mengakui Allah
Orang sombong seringkali tidak mengakui keberadaan Allah. Mereka merasa dirinya lebih hebat dari keberadaan Tuhan dan tidak membutuhkan keberadaan-Nya. Alkitab mengatakan dalam Mazmur 14:1, “Orang bebal berkata dalam hatinya, ‘Tidak ada Allah’.”

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa ciri-ciri orang sombong menurut Alkitab. Sebagai orang percaya, kita harus senantiasa menghindari sifat sombong dan belajar untuk merendahkan diri serta menghargai keberadaan orang lain. Marilah kita menjadi pribadi yang rendah hati dan bersyukur atas berkat yang sudah diterima. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *