Ciri-Ciri Orang Wahabi

25 Ciriciri Ajaran Wahabi yang Wajib Diwaspadai !!
25 Ciriciri Ajaran Wahabi yang Wajib Diwaspadai !!

Hello Sobat Pena, Apa Saja Ciri-Ciri Orang Wahabi?

Wahabi atau yang dikenal sebagai Salafi Wahabi adalah sebuah gerakan Islam yang berasal dari Arab Saudi. Namun, gerakan ini juga menyebar ke Indonesia dan memiliki pengikut yang cukup banyak. Meski demikian, tidak semua orang tahu tentang ciri-ciri orang yang mengikuti gerakan ini. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa ciri-ciri orang Wahabi. Yuk, simak bersama-sama!

1. Mengutamakan Al-Quran dan Hadits

Salah satu ciri-ciri orang Wahabi adalah mengutamakan Al-Quran dan Hadits sebagai sumber utama dalam beragama. Mereka menganggap bahwa sumber-sumber lainnya, seperti tradisi dan pandangan ulama, bukanlah sumber yang sah dalam beragama.

2. Tidak Mengakui Mazhab

Ciri-ciri lainnya dari orang Wahabi adalah mereka tidak mengakui mazhab. Mereka beranggapan bahwa mazhab hanya menghalangi seseorang untuk memahami Islam dengan benar. Oleh sebab itu, mereka hanya mengikuti Al-Quran dan Hadits tanpa mengikuti pandangan mazhab.

3. Menghindari Perayaan Maulid Nabi

Orang Wahabi juga cenderung menghindari perayaan Maulid Nabi. Mereka beranggapan bahwa perayaan ini tidak dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Oleh sebab itu, mereka menganggap perayaan ini sebagai bid’ah.

4. Tidak Mencampuradukkan Agama dengan Budaya

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka tidak suka mencampuradukkan agama dengan budaya. Mereka beranggapan bahwa Islam harus dipraktikkan sesuai dengan Al-Quran dan Hadits, tanpa terpengaruh oleh budaya yang ada di sekitarnya.

5. Tidak Menghormati Makam

Orang Wahabi juga cenderung tidak menghormati makam. Mereka beranggapan bahwa menghormati makam merupakan bentuk penyembahan kepada selain Allah SWT, yang dapat menyebabkan bid’ah.

6. Tidak Menyembah Kuburan

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka tidak menyembah kuburan. Mereka menganggap bahwa menyembah kuburan merupakan bentuk syirik, karena hanya Allah SWT yang berhak disembah.

7. Memotong Pakaian Seperti Kaos

Orang Wahabi juga cenderung memotong pakaian mereka seperti kaos. Hal ini dikarenakan mereka menganggap bahwa pakaian yang panjang dapat menghambat gerakan saat shalat.

8. Tidak Membaca Zikir Setelah Shalat

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka tidak membaca zikir setelah shalat. Mereka beranggapan bahwa zikir yang dilakukan setelah shalat merupakan bid’ah, karena tidak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

9. Menghindari Musik

Orang Wahabi juga cenderung menghindari musik. Mereka beranggapan bahwa musik dapat mempengaruhi perilaku seseorang, sehingga harus dihindari.

10. Tidak Mengikuti Adat dan Tradisi Lokal

Ciri-ciri lainnya dari orang Wahabi adalah mereka tidak mengikuti adat dan tradisi lokal. Mereka beranggapan bahwa adat dan tradisi lokal dapat mengandung unsur-unsur syirik, yang bertentangan dengan ajaran Islam.

11. Menghindari Pemahaman yang Berbeda

Orang Wahabi juga cenderung menghindari pemahaman yang berbeda. Mereka beranggapan bahwa pemahaman yang berbeda dapat menyesatkan seseorang dari ajaran Islam yang sebenarnya.

12. Menyebarkan Ajaran Wahabi

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka cenderung menyebarkan ajaran Wahabi kepada orang lain. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menyadarkan orang lain tentang ajaran Islam yang sebenarnya.

13. Tidak Mengakui Ahli Bid’ah

Orang Wahabi juga cenderung tidak mengakui ahli bid’ah. Mereka beranggapan bahwa ahli bid’ah dapat menyesatkan orang lain dari ajaran Islam yang sebenarnya.

14. Menghindari Pakaian yang Terlalu Seronok

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka menghindari pakaian yang terlalu seronok. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesucian diri dan menghindari godaan syahwat.

15. Menjaga Kesederhanaan

Orang Wahabi juga cenderung menjaga kesederhanaan dalam kehidupan mereka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kehidupan yang mewah dan berlebihan, yang dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah.

16. Menghindari Tahlilan

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka menghindari tahlilan. Mereka beranggapan bahwa tahlilan merupakan bid’ah, karena tidak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

17. Tidak Mengikuti Tradisi Syiah

Orang Wahabi juga cenderung tidak mengikuti tradisi Syiah. Hal ini dikarenakan Syiah memiliki pemahaman yang berbeda dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

18. Mempercayai Qadar

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka mempercayai qadar. Mereka beranggapan bahwa segala sesuatu telah ditentukan oleh Allah SWT, sehingga tidak perlu merasa khawatir atau takut terhadap masa depan.

19. Menghindari Ikhtilaf

Orang Wahabi juga cenderung menghindari ikhtilaf atau perbedaan pendapat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga persatuan umat Islam.

20. Tidak Mengikuti Ziarah Kubur

Ciri-ciri orang Wahabi lainnya adalah mereka tidak mengikuti ziarah kubur. Mereka beranggapan bahwa ziarah kubur dapat mengandung unsur-unsur syirik, karena dapat mengarah pada penyembahan selain Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ciri-ciri orang Wahabi yang dapat kita ketahui. Meski gerakan ini memiliki pengikut yang cukup banyak, namun kita sebagai umat Islam harus tetap mengikuti ajaran Islam yang sebenarnya, dan tidak terpengaruh oleh pemahaman yang keliru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Pena yang membacanya. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *