Ciri-Ciri Penyakit Malaria Pada Orang Dewasa

PPT Malaria PowerPoint Presentation, free download ID3831074
PPT Malaria PowerPoint Presentation, free download ID3831074

Hello, Sobat Pena! Kali ini kita akan membahas tentang penyakit yang sering menyerang orang dewasa di daerah tropis yaitu malaria. Malaria disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Nah, apa saja sih ciri-ciri penyakit malaria pada orang dewasa? Simak ulasannya di bawah ini.

Demam Tinggi

Ciri-ciri paling utama dari malaria adalah demam tinggi yang muncul secara tiba-tiba. Demam bisa mencapai 40 derajat Celsius dan disertai dengan menggigil dan berkeringat. Demam biasanya muncul setiap dua atau tiga hari sekali dan berlangsung selama beberapa jam.

Sakit Kepala dan Nyeri Otot

Orang yang terkena malaria biasanya akan merasakan sakit kepala yang hebat dan nyeri otot. Gejala ini muncul bersamaan dengan demam dan bisa berlangsung selama beberapa hari. Nyeri otot bisa terasa pada bagian punggung, perut, dan lengan.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit malaria yang sering muncul pada orang dewasa. Kondisi ini biasanya muncul bersamaan dengan demam dan sakit kepala. Pasien akan merasa tidak nafsu makan dan muntah setelah makan atau minum.

Perut Kembung dan Diare

Perut kembung dan diare juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit malaria pada orang dewasa. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada saluran pencernaan akibat infeksi parasit malaria. Diare bisa berlangsung selama beberapa hari dan menyebabkan dehidrasi pada pasien.

Sakit Tenggorokan dan Batuk

Sakit tenggorokan dan batuk biasanya muncul pada tahap lanjut dari penyakit malaria. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan di sekitar tenggorokan akibat infeksi parasit. Batuk bisa berlangsung selama beberapa minggu dan menyebabkan pasien kesulitan bernapas.

Kunjungi Dokter Jika Mengalami Gejala Malaria

Jika Sobat Pena mengalami gejala-gejala di atas, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Malaria bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan bisa menyebabkan kematian. Dokter akan melakukan tes darah untuk memastikan apakah gejala yang muncul memang disebabkan oleh infeksi malaria.

Pencegahan Malaria

Salah satu cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan menghindari gigitan nyamuk Anopheles. Gunakan kelambu saat tidur, kenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, dan gunakan obat nyamuk. Jika sobat Pena tinggal atau bekerja di daerah tropis yang rentan terkena malaria, sebaiknya lakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya infeksi.

Kesimpulan

Demikianlah ciri-ciri penyakit malaria pada orang dewasa. Jangan anggap remeh gejala yang muncul, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar dan lakukan pencegahan dengan baik untuk menghindari terjadinya infeksi.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “Ciri-Ciri Penyakit Malaria pada Orang Dewasa”. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *