Ciri Meningitis Pada Orang Dewasa

10 CiriCiri Meningitis yang Perlu Diwaspadai HonestDocs
10 CiriCiri Meningitis yang Perlu Diwaspadai HonestDocs

Hello Sobat Pena, Apa itu Meningitis?

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk orang dewasa. Meningitis seringkali sulit didiagnosis karena gejalanya mirip dengan penyakit lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri meningitis pada orang dewasa.

Ciri-ciri Meningitis pada Orang Dewasa

1. Demam tinggi dan tiba-tiba 2. Sakit kepala yang hebat 3. Kaku kuduk atau sulit menekuk leher 4. Mual dan muntah 5. Sakit perut atau diare 6. Ruam kulit merah 7. Kehilangan nafsu makan 8. Kehilangan kesadaran 9. Kejang-kejang 10. Kesulitan bernapas 11. Gangguan penglihatan atau pendengaran 12. Linglung atau bingung 13. Lesu dan lelah 14. Menggigil 15. Pusing 16. Sensitif terhadap cahaya 17. Mengantuk 18. Detak jantung yang cepat atau lambat 19. Tekanan darah rendah 20. Kulit pucat atau kebiruan

Pencegahan Meningitis pada Orang Dewasa

Meningitis dapat dicegah dengan vaksinasi. Orang dewasa yang berisiko tinggi terkena meningitis, seperti orang yang bekerja di lingkungan yang terkontaminasi, perokok, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, disarankan untuk divaksinasi. Selain itu, menjaga kebersihan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi juga dapat membantu mencegah meningitis.

Kesimpulan

Meningitis merupakan penyakit serius yang dapat mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri meningitis pada orang dewasa. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala meningitis, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, serta divaksinasi jika diperlukan. Terima kasih karna sudah membaca artikel tentang “ciri meningitis pada orang dewasa” dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *