Ciri Wajah Orang Sunda

Mengapa wanita Sunda sangat cantik? Quora
Mengapa wanita Sunda sangat cantik? Quora

Perkenalan

Hello Sobat Pena, kali ini kita akan membahas mengenai ciri wajah orang Sunda. Suku Sunda adalah suku yang berasal dari wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Orang Sunda memiliki ciri khas pada wajahnya yang membedakan dengan suku lainnya di Indonesia.

Warna Kulit

Ciri pertama yang dapat dilihat dari wajah orang Sunda adalah warna kulitnya. Orang Sunda umumnya memiliki kulit sawo matang atau coklat kehitaman. Warna kulit ini terlihat lebih gelap dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali yang memiliki kulit coklat kekuningan.

Bentuk Wajah

Bentuk wajah orang Sunda juga memiliki ciri khas tersendiri. Wajah orang Sunda umumnya berbentuk oval dengan rahang yang tegas. Tidak jarang juga ditemukan orang Sunda dengan wajah bulat atau kotak. Namun, bentuk wajah oval menjadi ciri khas utama pada wajah orang Sunda.

Bentuk Hidung

Ciri khas lainnya pada wajah orang Sunda adalah bentuk hidungnya. Orang Sunda umumnya memiliki hidung yang pesek atau tidak terlalu mancung. Hidung orang Sunda juga cenderung lebar di bagian pangkal dan menyempit di ujungnya.

Bentuk Mata

Bentuk mata orang Sunda umumnya cenderung almond atau seperti badak. Mata orang Sunda juga cenderung memiliki kelopak mata yang lebih rendah dan lebih dalam dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali.

Bentuk Bibir

Ciri khas lainnya pada wajah orang Sunda adalah bentuk bibirnya. Bibir orang Sunda cenderung lebih tebal dan lebar dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali. Bibir orang Sunda juga cenderung memiliki warna merah muda yang khas.

Bentuk Telinga

Bentuk telinga orang Sunda umumnya cenderung lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali. Telinga orang Sunda juga cenderung tidak menonjol dan berbentuk oval.

Bentuk Pipi

Ciri khas lainnya pada wajah orang Sunda adalah bentuk pipinya. Pipi orang Sunda cenderung lebih tembem dan bulat dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali.

Ekspresi Wajah

Orang Sunda dikenal dengan raut wajahnya yang ramah dan senyumnya yang manis. Ekspresi wajah orang Sunda cenderung lebih santai dan tenang dibandingkan dengan orang Jawa atau Bali yang cenderung lebih serius.

Kecenderungan Rambut

Rambut orang Sunda umumnya cenderung lurus dan hitam. Namun, tidak jarang juga ditemukan orang Sunda dengan rambut keriting atau bergelombang.

Sikap

Sikap orang Sunda cenderung ramah, santun, dan sopan. Orang Sunda juga dikenal dengan sifatnya yang menghargai orang lain dan bersikap rendah hati.

Bahasa

Bahasa Sunda adalah bahasa yang banyak digunakan oleh orang Sunda. Bahasa Sunda memiliki ciri khas tersendiri dan sering diucapkan dengan nada yang merdu.

Kebudayaan

Orang Sunda memiliki kebudayaan yang kaya dan beragam. Beberapa kebudayaan yang masih dilestarikan oleh orang Sunda antara lain tari jaipongan, wayang golek, dan seni ukir.

Makanan

Makanan khas orang Sunda juga sangat terkenal di Indonesia. Beberapa makanan khas Sunda antara lain nasi timbel, sate maranggi, lotek, dan siomay.

Pakaian

Pakaian tradisional orang Sunda adalah kebaya dengan bahan batik atau tenun. Kebaya ini biasanya dipadukan dengan kain batik atau kain tenun.

Senjata Tradisional

Senjata tradisional orang Sunda yang terkenal adalah keris. Keris merupakan senjata yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi bagi orang Sunda.

Senjata Modern

Orang Sunda juga memiliki kecintaan terhadap alat musik modern seperti gitar, drum, dan piano. Banyak musisi terkenal berasal dari suku Sunda.

Kepercayaan

Orang Sunda umumnya beragama Islam dengan pengaruh budaya Sunda. Namun, tidak jarang juga ditemukan orang Sunda yang menganut kepercayaan lain seperti Hindu atau Kristen.

Perkembangan Suku Sunda

Suku Sunda terus berkembang dan melestarikan kebudayaannya. Saat ini, banyak orang Sunda yang sukses di bidang bisnis, seni, dan politik.

Pengaruh Globalisasi

Pengaruh globalisasi juga dirasakan oleh orang Sunda. Namun, orang Sunda masih melestarikan kebudayaannya dan menjaga ciri khasnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri wajah orang Sunda yang dapat dilihat dari penampilannya. Orang Sunda memiliki kebudayaan yang kaya dan ciri khas yang membedakan dengan suku lainnya di Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikel tentang “ciri wajah orang Sunda” dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *