Dokter Tjipto Probolinggo: Pahlawan Kesehatan Dari Timur Jawa

Hari Dokter 2020, Mengenal Tjipto Mangoenkoesoemo, Dokter Rakyat yang
Hari Dokter 2020, Mengenal Tjipto Mangoenkoesoemo, Dokter Rakyat yang

Profil Singkat Dokter Tjipto Probolinggo

Hello Sobat Pena, kali ini kita akan membahas tentang seorang dokter hebat dari Probolinggo, yaitu dokter Tjipto. Beliau lahir pada tanggal 1 Januari 1922 di Probolinggo. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Probolinggo, beliau melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada tahun 1946 dan lulus pada tahun 1952. Setelah lulus, beliau kembali ke Probolinggo dan membuka praktik kedokterannya di sana. Beliau juga aktif dalam kegiatan sosial dan politik di Probolinggo. Pada tahun 1959, beliau terpilih sebagai anggota DPRD Jawa Timur dan memegang jabatan itu selama 10 tahun.

Pengabdian Dokter Tjipto Probolinggo di Bidang Kesehatan

Dokter Tjipto Probolinggo sangat peduli dengan kesehatan masyarakat di Probolinggo dan sekitarnya. Beliau sering melakukan kunjungan ke desa-desa untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis. Beliau juga mengadakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Selain itu, beliau juga aktif dalam kegiatan pengembangan rumah sakit di Probolinggo. Beliau menjadi salah satu pendiri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohamad Saleh pada tahun 1954 dan memegang jabatan sebagai direktur rumah sakit itu selama 15 tahun.

Penghargaan yang Diterima Dokter Tjipto Probolinggo

Dokter Tjipto Probolinggo mendapatkan banyak penghargaan atas jasanya dalam bidang kesehatan. Pada tahun 1973, beliau dianugerahi Bintang Jasa Utama oleh Presiden Soeharto. Beliau juga mendapatkan penghargaan dari berbagai organisasi profesi kedokteran, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Warisan Dokter Tjipto bagi Masyarakat Probolinggo

Dokter Tjipto Probolinggo meninggal dunia pada tanggal 14 September 1990, namun warisannya dalam bidang kesehatan masih dirasakan oleh masyarakat Probolinggo hingga saat ini. RSUD dr. Mohamad Saleh yang beliau dirikan masih berdiri kokoh dan melayani masyarakat dengan baik. Selain itu, ide-ide dan gagasan beliau tentang kesehatan masyarakat juga masih relevan dan dijadikan acuan oleh pemerintah dan lembaga kesehatan di Probolinggo. Kita semua berhutang budi pada dokter Tjipto Probolinggo atas pengabdiannya dalam bidang kesehatan.

Kesimpulan

Dokter Tjipto Probolinggo adalah seorang pahlawan kesehatan yang telah memberikan banyak kontribusi bagi masyarakat Probolinggo dan sekitarnya. Pengabdiannya dalam bidang kesehatan dan kegiatan sosial dan politik sangat menginspirasi dan patut kita jadikan teladan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang dokter Tjipto Probolinggo. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *