Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara

fakultas kedokteran gigi universitas sumatera utara 2014
fakultas kedokteran gigi universitas sumatera utara 2014

Pengenalan

Hello Sobat Pena, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Sumatera Utara. Fakultas ini merupakan salah satu fakultas yang cukup terkenal di Indonesia karena memiliki program studi yang berkualitas serta tenaga pengajar yang berkualifikasi tinggi.

Sejarah Berdirinya

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 16 September 1963. Sejak berdirinya, fakultas ini terus mengalami perkembangan yang pesat dan berhasil mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja.

Program Studi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara memiliki program studi S1 dan S2. Program studi S1 terdiri dari dua jurusan yaitu Kedokteran Gigi dan Kesehatan Gigi Masyarakat. Sedangkan program studi S2 terdiri dari program Magister Kedokteran Gigi dan Magister Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat.

Keunggulan

Keunggulan yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara adalah tenaga pengajar yang berkualitas serta fasilitas yang lengkap dan modern. Selain itu, fakultas ini juga memiliki program kerjasama dengan berbagai institusi dan universitas di dalam maupun luar negeri.

Persyaratan Masuk

Untuk dapat masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Beberapa persyaratan tersebut antara lain lulus ujian nasional, memiliki nilai rapor yang baik, dan harus melewati tahap seleksi yang ketat.

Peluang Kerja

Lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara memiliki peluang kerja yang cukup besar. Mereka dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah, rumah sakit, klinik gigi, atau bahkan membuka praktek sendiri. Selain itu, lulusan juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Akreditasi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini menunjukkan bahwa fakultas ini telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Prestasi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara telah berhasil meraih beberapa prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa prestasi tersebut antara lain juara 1 pada lomba riset mahasiswa kedokteran gigi se-Asia Tenggara serta mendapatkan penghargaan sebagai perguruan tinggi berkinerja baik dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Aktivitas Mahasiswa

Selain kegiatan akademik, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara juga aktif dalam kegiatan di luar kampus. Mereka sering mengadakan kegiatan sosial seperti bakti sosial dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar. Selain itu, mahasiswa juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan di kampus.

Fasilitas

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara memiliki fasilitas yang lengkap dan modern. Beberapa fasilitas tersebut antara lain laboratorium komputer, laboratorium klinik gigi, perpustakaan, serta ruang kuliah yang nyaman dan dilengkapi dengan AC.

Kegiatan Penelitian

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara juga aktif dalam kegiatan penelitian. Beberapa penelitian yang dilakukan antara lain mengenai pengaruh gizi terhadap kesehatan gigi, pengaruh merokok terhadap kesehatan gigi, serta pengaruh obesitas terhadap kesehatan gigi.

Beasiswa

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara memiliki program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Beasiswa ini dapat diperoleh oleh mahasiswa yang memiliki IPK yang tinggi dan aktif dalam kegiatan di kampus.

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar yang mengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara adalah tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan juga memiliki pengalaman kerja di bidang kedokteran gigi.

Alumni

Lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara telah banyak berkontribusi di berbagai bidang. Mereka telah bekerja di berbagai instansi pemerintah, rumah sakit, klinik gigi, serta membuka praktek sendiri. Selain itu, beberapa alumni juga telah melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kerjasama dengan Industri

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara juga memiliki program kerjasama dengan berbagai industri terkait. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan juga memperluas jaringan kerja bagi mahasiswa.

Perkembangan Terkini

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara terus mengalami perkembangan yang pesat. Beberapa program studi telah ditingkatkan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas lagi.

Persaingan dengan Fakultas Lain

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara memiliki persaingan yang cukup ketat dengan fakultas kedokteran gigi di universitas lain. Namun, dengan keunggulan yang dimilikinya, fakultas ini mampu bersaing dengan baik.

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara adalah tenaga pengajar yang berkualitas, fasilitas yang lengkap dan modern, serta program kerjasama yang luas dengan berbagai institusi dan universitas di dalam maupun luar negeri.

Visi dan Misi

Visi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara adalah menjadi pusat pendidikan kedokteran gigi yang berkualitas di Indonesia. Sedangkan misinya adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas, melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Sobat Pena ketahui mengenai Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Dengan memiliki keunggulan yang dimilikinya, fakultas ini mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *